Hello Blogers !!

Kali ini kita akan menyambung artikel saya sebelumnya tentang pembuatan format untuk diagnosis belajar siswa. Sebelumnya kita review kembali pentingnya diagnosis kesulitan belajar untuk para siswa. Beberapa siswa memiliki keterbatasan dalam melaksanakan proses pembelajaran, diantaranya nilai yang kurang sehingga menyebabkan prestasinya rendah. itu merupakan gejala yang ditimbulkan akibat kesulitan belajar yang dialami. Banyak faktor yang mempengaruhi seperti kondisi fisik yang kurang mampu, mata pelajaran yang terlalu berbobot sehingga memberatkan, kurangnya dukungan orang-orang sekitar ataupun minat belajar yang rendah. Dengan data yang valid serta lengkap kita akan lebih mudah dan lebih cepat mengetahui ataupun menganalisis diagnose kesulitan belajar yang dialami para siswa. Jika guru BK ataupun konselor cepat tanggap dalam masalah kesulitan belajar , maka cara penyelesaian masalah pun lebih cepat dan tepat.

Langkah pertama yaitu kita membuat daftar prestasi per kelas. Jadi saat kita mengetahui semua data-data atau rekapan nilai para siswa kita bisa melihat mana yang belum mencapai KKM, kemudian seberapa perlu mereka untuk dibimbing. Dibawah ini adalah contohnya.

Untitled

Pastikan mendapat data rekapan nilai yang valid dari wali kelas. Saat kita salah sedikit saja bisa menyebabkan masalah. Kemudian kita analisis bagaimana ketuntasan mereka dalam mengikuti beberapa mata pelajaran tersebut. Setelah kita menemukan banyak nilai yang belum sesuai dengan KKM kita buatkan kode untuk melihatnya dengan jelas. Untuk data diatas, tanda kuning merupakan kode untuk mata pelajaran yang belum mencapai KKM dan harus segera diluluskan. Kita tempatkan kedalam peta masalah yang sudah ditambahkan di belakang rekapan nilai para siswa. Kita petakan sesuai kode pelajaran yang ada. Gunakan rumus-rumus excel dengan tepat karena ini merupakan data base, jadi saat kita tidak sesuai rumus tentu sangat fatal sekali bagi pendataan.

Kemudian selanjutnya kita kelompokkan grafik per mata pelajaran.

Untitled

Langkah terakhir adalah dengan membuat laporan indidual prestasi belajar . Formatnya seperti contoh dibawah ini.

Untitled

Didalam laporan individual prestasi belajar ini terdapat data prestasi siswa secara lengkap. Mulai dari prestasi per bidang mata pelajaran, analisis prestasi belajar dan lain sebagainya. Untuk guru BK laporan ini digunakan untuk mendekteksi adanya siswa yang memiliki masalah belajar sehingga perlu diberikan bantuan dalam bimbingan maupun lainnya. Semua itu agar kesulitan belajar oleh siswa dapat teratasi atau mungkin diminimalisir sehingga sekolah atau lembaga pendidikan dapat mencetak generasi yang baik dalam segala aspek. ^_^

jj (2)

Mohon maaf apabila banyak kesalahan dan kekurangan. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan dalam penyempurnaan tugas ini. Terimakasih 🙂