images1

Ulangan Tengah Semester (UTS) atau yang biasa disebut dengan MID Semester memang bisa menjadi salah satu moment yang mendebarkan setelah Ujian Akhir Semester (UAS) bagi para pelajar ataupun mahasiswa. Bagaimana tidak,  nilai UTS menjadi salah satu penentu rata-rata nilai akhir semester dan semua itu yang dapat menentukan kita lulus ataupun tidak.

gorben

Dan hari ini saya teman-teman Bimbingan Konseling A 2014 pun merasakannya. Dalam mata kuliah Teknologi Informasi dalam Bimbingan Konseling (TIBK), Bapak Agus Triyanto selaku dosen memberikan kami satu lembar kertas yang didalamnya berisi soal yang harus dikerjakan dalam waktu 1 jam. Ya, soal UTS. Terdapat dua soal tentang format Analisis Himpunan Data yang harus dikerjakan menggunakan Microsoft Excel. Seperti materi yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu tentang bagaimana membuat database yang berisi data pribadi, data prestasi belajar dan data Who Am I para siswa. Setelah membuat database kami harus membuat laporan individual dari database yang telah dibuat sebelumnya. Dosen kami ingin tahu seberapa cepat para calon guru BK ini membuat format analisis himpunan data untuk para siswanya nanti.

Dengan hati-hati dan cepat kami membuat format analisis tersebut. Karena hanya diberi waktu kurang lebih 1 jam, tentunya kebanyakan dari kami terlihat gugup dan ingin segera menyelesaikannya. Kelas menjadi begitu serius dan berisik karena bunyi ketikan keyboard dari computer masing-masing. Karena takut tidak bisa selesai, keringat pun bercucuran dimana-mana. Bapak Agus berkeliling kelas dan mengambil gambar kami saat sedang serius mengerjakan. Beberapa kali beliau memberitahukan bahwa waktunya sedikit lagi. Jujur saja saya sendiri merasa tambah gugup dan takut nilai saya jelek karena memang saya baru sampai laporan individu dibagian atas. Masih kurang banyak agar pekerjaan itu selesai dengan sempurna. Beberapa teman pun ada yang kegirangan karena telah menyelesaikan pekerjaan mereka, entah itu bohong atau tidak, saya pun tidak tahu. Saya hanya fokus dengan pekerjaan saya dan akhirnya pasrah saat Pak Agus memerintahkan kita mengentikan pekerjaan karena waktunya sudah habis.

Yah, okelah saya sudah dapat menyelesaikan setengah pekerjaan saya. Namun, anda tahu apa yang dilakukan dosen kami?? Kami semua terkejut karena Pak Agus tertawa seperti sedang mengerjai kami kemudian berkata bahwa beliau sangat senang melihat kami serius dalam mengerjakan. Dan akhirnya beliau menyuruh kami untuk menyelesaikan pekerjaan ini dirumah masing-masing. Oh jadi seperti itu…

Namun saya tidak kecewa, karena memang benar apa yang beliau katakan bahwa hari ini ini kami sudah berlatih bagaimana nantinya saat kami sudah menjadi guru BK kemudian melakukan menganalisis berbagai himpunan data seperti ini. Sedikit banyak kami tahu apa yang harus dikerjakan guru BK dengan tidak lupa memperhatikan waktu yang efektif dan efisisen. Kami disini dilatih untuk bisa bergerak cepat, tepat dan tuntas. Terimakasih Bapak Agus atas ilmu yang sudah diberikanJ