a

kemajuan teknologi dewasa ini membuat semua orang harus bisa mengikutinya agar tidak dianggap ketinggalan jaman. Bukannya untuk bergaya saja, namun memang teknologi sangat mendukung perkembangan kita. Salah satunya layanan bimbingan dan konseling.

Pengembangan presentasi multimedia merupakan salah satu hal yang penting untuk dikuasai calon guru BK atau konselor dalam mengembangkan layanan BK. Multimedia adalah penggunaan computer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Beberapa manfaat yang didapatkan adalah :

  1. Multimedia dimanfaatkan dalam dunia pendidikan dan bisnis.
  2. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri.
  3. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kos informasi dan pelatihan dalam system e-learning.

Software yang digunakan untuk membuat presentasi diantaranya Microsoft Powerpoint, OpenPffice.org/impress, SwishMax, Macromedia Flash, ispring_free_4_4, dan lain sebagainya. Membuat presentasi multimedia menggunakan komponen multimedia berdasar computer, teks (materi presentasi), suara, gambar, animasi, video dan alat bantu, dan koneksi (link). Caranya adalah :

  1. Memasukkan materi dalam presentasi.

Sebelum memasukan materi presentasi buka dulu program Microsoft powerpoint kemudian pilih : membuat presentasi dari awal, menggunakan template pada computer, dan menggunakan templates online.

Kemudian masukkan materi atau teks, yaitu dengan : diketik, dikopi kemudian ditempel (Copy and Paste)

  1. Menambah suara dalam presentasi.

Dalam presentasi suara ada beberapa macam, yaitu : suara dalam perpindahan atau transisi antar slide (pada modify transition-sound), memasukan suara music sendiri sebagai asesoris, memasukan suara music sebagai latar presentasi.

  1. Menyisipkan gambar dalam presentasi.

Gambar presentasi ada beberapa, yaitu : gambar ilustrasi sesuai tema, foto album, gambar atau foto untuk latar belakang (background).

Ada beberapa cara memasukan gambar presentasi, yaitu : insert gambar atau foto, setting ke background untuk latar dan foto album.

  1. Menambah animasi dalam presentasi

Dalam presentasi power point animasi dapat dilihat pada : perpindahan antar slide (slide transition), custom animation, animation scheme.

Cara membuat animasi : slide show\ slide transition\ random ransition, klik apply to all slides klik slide show, slide show\ custom animation\ add effect\ klik random effect, slide show\ animation scheme klik random bar klik apply to all slides klik slide show.

  1. Memasukan video dan alat bantu dalam presentasi

Memasukan video : insert\ movie and show\ movie on file\ insert movie klik video klik OK !

Memasukan video dengan alat bantu windows media player : insert\ object\ klik window media player klik OK !, klik kanan pada mouse, klik properties, kemudian browsing video yang akan dimasukan dalam presentasi, klik OK !

Nah, itu beberapa cara sederhana yang dapat menjadi contoh untuk membuat pengembangan presentasi multimedia melalui Microsoft powerpoint. Dengan adanya pengembangan presentasi tersebut, diharapkan konselor atau guru BK dapat memanfaatkannya untuk mengoptimalkan layanan kepada para konseli misalnya dengan motivasi, atau cara-cara menangani masalah yang sedang dihadapi konseli.